Mengenal Organel Sel Eukariota dan Sel Prokariota

organel sel
Sel merupakan sekumpulan materi yang menempati ururtan paling sederhana dalam susunan bagian tubuh makhluk hidup. Sel merupakan unit penyusun terkecil. Meski demikian, di dalamnya berlangsung banyak sekali aktifitas kehidupan untuk mempertahankan kehidupan makhluk hidup. Sel sendiri terdiri atas beberapa bagian terkecil yang disebut dengan organel sel. Organel sel ini memiliki peranan yang sinergis dalam menjamin aktifitas sel secara utuh. Sel sendiri, jika didasarkan pada susunan DNA-nya dibagi ke dalam dua jenis yakni sel prokariotik dan juga sel eukariotik. Selain DND, kabarnya kedua sel ini juga memiliki susunan organel yang sedikit berbeda. Tulisan ini akan mengajak Anda mengenal organel sel pada kedua jenis sel tersebut, eukariotik dan juga prokariotik.

 
Organel Sel Prokariotik

Mengenal organel sel prokariotik harus dimulai dari bagian luarnya. Sel ini sebenarnya tidak memiliki membran yang berfungsi memisahkan antara DNA dengan organel atau bagian sel lainnya. Tempat dimana DNA sel ini berkumpul atau berpusat di wilayah sitoplasma yang dikenal dengan nama nukleoid. Sebagian besar sel prokariotik bersifat uniseluler dengan ukuran mikroskopik. Umumnya organel selnya terdiri atas selubung sel, kemudian membran sel, sitoplasma, bagian nukleoid dan beberapa bagian lainnya. Hampir semua jenis sel prokariotik dilengkapi dengan selubung sel yang terdapat pada bagian luar membran. Lapisan organel tersebut biasanya tersusun atas karbohidrat-protein juga peptidiglikan dan dikenal dengan nama dinding sel. Selain bagian dalam, organel sel ini juga biasa dijumpai pada bagian luarnya. Fungsi bagian tersebut adalah untuk melawan antibody atau juga sebagai sarana untuk melekat pasa suatu tempat.

Organel Sel Eukariotik


Sel eukariotik bisanya mempunyai diameter dengan ukuran antara 10 sampai 100 um. Sel yang satu ini memiliki inti sel atau yang biasa disebut dengan nucleus. Ia juga mempunyai organel bernama sitoplasma yang berada di daerah nucleus dan juga membran sel. Bagian sitoplasma ini terdiri atas medium yang semi liquid dan dikenal dengan istilah sitosol. Di dalam sitosol tersebut terdapat organel-organel dengan bentuk serta fungsi khusus masing-masing. Organel pada eukariotok ini sebagian besar tidak dimiliki oleh sel prokariotik. Mengenal organel sel eukariotik ini dimulai dari mitokondria, yakni tempat metabolisme pada energi sel berlangsung, kemudian reticulum endoplasma yaitu jaringan membran dimana sintesa glikoprotein juga lipid berlangsung. Organel selanjutnya adalah badan golgi, yang memiliki peranan dalam mengarahkan hasil sintesa pada tempat tujuannya. Organel selanjutnya adalah peroksisom dimana senyawa asam lemak juga asam amino dirombak. Sel eukariotik ini sendiri memiliki sejumlah vakuola yakni organel yang berperan sebagai tempat untuk menyimpan nutrient juga limbah. Selain itu, vakuola ini juga merupakan tempat dimana sejumlah reaksi penguraian berlangsung.